kaukusnews.id, MAKASSAR – Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar terus berupaya mendorong dan mendukung pelaku usaha UMKM Makassar menasional.
Untuk memuluskan keinginan itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar melakukan berbagai kerja sama dengan kemitraan dan kelembagaan seperti perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, komunitas wirausaha, BUMN, retail, perhotelan, perbankan dan lainnya.
“Kami bangga atas kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai mitra strategi yang memungkinkan pelaku usaha lokal untuk terus tumbuh dan bersaing secara nasional dan internasional,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Muhammad Rheza, belum lama ini.
Muhammad Rheza menyebut, terdapat dua UMKM di sektor fashion yang berhasil tembus secara nasional dan akan terus didukung dan didorong untuk dapat memasarkan produknya agar dikenal masyarakat luas secara nasional.
“Kalau selama ini kami membantu pasarkan produknya, tetapi mereka untuk nasional itu yg fashion itu sudah ada dua kemarin kita dorong itu terseleksi lagi secara nasional,” ujar Muhammad Rheza.
Dia menuturkan, pihaknya akan terus memberikan sosialisasi lewat meda sosial terkait inkubator UMKM kepada para pelaku usaha agar mendaftarkan produknya.
“Kami selalu berusaha untuk sosialisasikan juga di media sosial, maupun dari teman-teman pelaku UMKM sendiri bagaimana informasi dari mulut ke mulut itu sampai, dan di akhir tahun 2024 itu biar lebih efektif kami mengundang seluruh ketua RT/RW se-Kota Makassar kita memberikan sosialisasi lagi tentang keberadaan dan manfaat dari adanya inkubator,” terangnya.
Di awal tahun 2025 ini, Muhammad Rheza berharap para pelaku usaha UMKM di Kota Makassar dapat meningkatkan kualitas produknya dan dapat naik kelas, sehingga perekonomian dan pariwisata lokal di sektor makanan dan sektor lainnya dapat terus berkembang.
“Untuk tahun 2025, Insyaallah kami optimis bagaimana UMKM itu sudah ada. Selama dua tahun pembinaan ini sudah ada yang bisa menjadi pengusaha, dan kelasnya bisa naik, sehingga ini naik kelas bukan hanya sekadar istilah dan itu sudah terealisasi untuk para pelaku UMKM. Kemudian UMKM betul-betul unggul bisa naik kelas dan bisa memasarkan produknya di skala nasional bahkan internasional atau ekspor,” tutup Muhammad Rheza. (*/adv)